DPRD APRESIASI PEMECAHAN MASALAH LEWAT HEARING DIALOG

DPRD APRESIASI PEMECAHAN MASALAH LEWAT HEARING DIALOG

Paringin - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Balangan, apresiasi pemecahan masalah masyarakat dengan perusahaan melalui jalan hearing dialog, atau rapat dengar pendapat.

Dikatakan Ketua DPRD Balangan, H Abdul Hadi, pada awal tahun 2018, tepatnya Senin (22/1) lalu, masyarakat Desa Padang Batung dan Tawahan, Kecamatan Juai, lebih memilih menggelar hearing dialog, dengan difasilitasi oleh DPRD Balangan.

"Intinya kami selaku wakil rakyat, akan terus berusaha memberikan yang terbaik untuk warga Balangan," ujarnya.

Hearing dialog sendiri, lanjut Politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) tersebut, lebih mengedepankan upaya musyawarah bersama untuk mencapai solusi yang terbaik.

Tentunya jalan tersebut menjadi pembelajaran yang positif bagi warga, selain mendapatkan jawaban dari pihak perusahaan yang didatangkan, juga mencegah disusupi oleh oknum yang bisa menjadi provokator.

Hearing dialog tersebut mempertemukan warga Desa Padang Batung dan Tawahan dengan pihak perusahaan tambang batubara PT Balangan Coal serta perusahaan perkebunan sawit PT ATA, dimana kedua perusahaan tersebut melakukan aktivitasnya di sekitar desa tersebut.

warga menuntut agar jalan desa diperbaiki, keruhnya air sungai yang merupakan kebutuhan sehari-hari warga, serta rekrutment tenaga kerja dari masyarakat sekitar aktivitas perusahaan.

Sementara itu, Bahar, pimpinan PT Balangan Coal mengungkapkan, untuk masalah jalan pihaknya berjanji akan melakukan perbaikan sehingga layak untuk dilintasi warga.

Sedangkan terkait sungai yang keruh akibat aktivitas perusahaan, pihaknya akan bertanggung jawab atas hal tersebut, yaitu dengan melakukan pembersihan dan pengerukan pada sungai yang mendangkal, serta berbenah semaksimal mungkin agar tidak menimbulkan dampak serupa terulang kembali.

Terkait tenaga kerja lokal, di jelaskan Bahar, perusahaan memiliki standar keahlian tertentu dalam merekrut tenaga kerja. Sementara, hal itu tidak dimiliki oleh rata-rata warga setempat.

"Dari sana, kami ke depannya punya program mengadakan pelatihan-pelatihan bagi warga lokal, terkait keahlian yang kami perlukan dalam perusahaan, sehingga warga yang sudah punya keahlian secara otomatis akan diberdayakan," jelasnya dihadapan DPRD Balangan dan para warga yang berhadir pada acara hearing dialog tersebut. (Tim DPRD Balangan - Roly/Antara).