Komisi I DPRD Balangan Sidak ke RSUD

Komisi I DPRD Balangan Sidak ke RSUD

PARINGIN – Anggota Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Balangan, melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Balangan.

 Sidak yang dipimpin oleh Ketua Komisi I DPRD Balangan Rusdiansyah ini yaitu, Fachrudin Misran, Sifrinsyah, Darto dan Syaifullah.

Ketua Komisi I melalui Fachrudin Misran mengungkapkan, ada beberapa hal yang mereka temukan saat melakukan sidak, dari bidang pelayanan hingga operasional rumah sakit. Salah satunya yaitu adanya ruangan rumah sakit yang rusak serta atap yang bocor.

Akibat dari atap bocor, kata dia, saat turun hujan hampir semua ruangan basah lantaran air hujan merangsek masuk melewati atap yang berlubang, khususnya di ruangan laboratorium dan rontgen.

Sementara itu, lanjutnya, di ruangan rawat inap kelas III beda lagi, akibat drainase yang tidak berfungsi maksimal ruangan ini pun bisa banjir bila hujan dengan intensitas tinggi turun.

Pihaknya pun, kata politisi PPP ini, meminta kepada Pemerintah Daerah melalui Dinas Kesehatan setempat, untuk segera menindaklanjuti hasil sidak ini dengan menganggarkan anggaran untuk perbaikan rumah sakit.

Saat dikonfirmasi, Direktur RSUD Balangan, dr Ferry mengakui terkait kondisi rusaknya beberapa bangunan di rumah sakit tersebut, sesuai hasil sidak yang dilakukan Komisi I DPRD Kabupaten Balangan.

“Memang kondisi bangunan yang sudah tua,” ungkapnya.

Untuk atap, kata Ferry, tahun 2017 lalu sudah dilakukan perbaikan, namun karena intensitas hujan yang tinggi dan berkepanjangan dalam beberapa waktu belakangan, sehingga kembali mengakibatkan kebocoran.

Terkait banjir di ruangan rawat inap kelas III apabila hujan deras mengguyur, Ferry menerangkan bahwa sejak awal dibangun saluran pembuangan air alias drainase sekeliling rumah sakit yang ukurannya memang kecil dan tak mampu menampung air dengan volume besar.

“Pemda sangat perhatian dengan setiap kondisi rumah sakit, saat ini pun sudah berlangsung beberapa perbaikan,” (Tim Pesroom Dprd Balangan)