Raperda Pertanggungjawaban APBD Tahun 2018 Disetujui Legislatif

Raperda Pertanggungjawaban APBD Tahun 2018 Disetujui Legislatif

PARINGIN – Raperda pertanggungjawaban pelaksanaan APBD tahun 2018 akhirnya telah disetujui Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Balangan menjadi Perda, melalui rapat paripurna yang dilaksanakan Rabu (9/7/2019) kemarin.

Sidang yang dipimpin Ketua DPRD Balangan H Abdul Hadi didampingi wakil ketua I dan II Sabirin dan M Noor Iswan ini, dihadiri langsung oleh Bupati Balangan H Ansharuddin, unsur Forkopimda, Sekdakab Balangan, sejumlah Kepala SKPD lingkup Pemkab Balangan dan Anggota DPRD setempat.

Juru bicara Badan Musyawarah Peraturan Daerah DPRD Kabupaten Balangan Sahbudin dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas meningkatnya pembangunan yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Balangan di bawah kepemimpinan Bupati H Ansharuddin.

“Anggaran pendapatan Pemerintah Kabupaten Balangan juga mengalami peningkatan. Namun memang ada beberapa hal yang perlu evaluasi,” ungkapnya.

Diantara yang perlu dievaluasi tersebut, lanjutnya, yaitu pengeluaran harus mempunyai perimbangan dan efisiensi pada pos yang memang diperlukan, sehingga pada setiap tahun anggaran tidak mengalami defisit. Selain itu juga, kurang efektifnya penggemukan SKPD yang dilakukan.

“Untuk itu, dewan meminta evaluasi supaya dari segi anggaran tidak mubazir. Hal ini disampaikan sebagai koreksi terhadap kinerja Pemerintah Kabupaten Balangan sebagai bahan untuk meningkatkan kinerja dan kemajuan pembangunan di Kabupaten Balangan kedepannya,” kata dia.

Sementara itu, Bupati Balangan H Ansharuddin pada gilirannya memberikan apresiasi yang tinggi atas kinerja yang dilakukan oleh unsur pimpinan dan para anggota dewan, karena telah mendukung dan terus mengawasi kinerja Pemkab Balangan.

Disampaikannya, dalam menyokong visi yang pemerintah lakukan, maka segala usulan dan kritik merupakan sarana yang bagus untuk membangun Kabupaten Balangan menjadi lebih baik lagi.

Lebih lanjut Anshar menambahkan, ia mengakui dan menyadari belum maksimal dalam menjalankan visi yang diemban, namun pihaknya telah berupaya semaksimal mungkin menuntaskan program-program yang telah direncanakan.

"Untuk itu kami mohon kepada jajaran legislatif agar sinergi yang selama ini berjalan dengan baik dapat lebih meningkat lagi, dan kami jajaran Pemkab Balangan mengucapkan terima kasih serta penghargaan yang tinggi kepada seluruh elemen yang mendukung pembangunan di Kabupaten Balangan," ujarnya.

Di akhir sidang paripurna dilakukan penandatanganan bersama antara DPRD Balangan yang diwakili Ketua H Abdul Hadi dengan Pemkab Balangan yang diwakili Bupati H Ansharuddin. (*)