KOMISI III DPRD SIDAK JEMBATAN RUSAK DI KECAMATAN JUAI

KOMISI III DPRD SIDAK JEMBATAN RUSAK DI KECAMATAN JUAI

Dianggap memprihatinkan, satu jembatan di Desa Mihu, Kecamatan Juai, Kabupaten Balangan jadi perhatian Komisi III DPRD Kabupaten Balangan.

Pasalnya, pascaada laporan dari warga mengenai jembatan tersebut, Komisi III DPRD Kabupaten Balangan pun langsung mendatangi lokasi.

Puluhan tahun sudah usia jembatan yang dianggap mengkhawatirkan itu. Bangunanya nampak tak kokoh, bahkan dominan mengalami kerusakan

Jembatan tersebut dibangun dari ulin. Kemudian atas inisiatif warga, karena telah mengalami kerusakan, maka ditambal menggunakan batang kelapa. Selain itu terlihat pula rantai yang dijadikan pengikat batang tersebut

"Jadi kondisi jembatannya itu memang sangat memprihatinkan. Berdasarkan informasi warga juga, belum ada sentuhan perbaikan dari pemerintah," ucap Erly Satriana, Selasa (26/11/2019).

Menurut penuturan warga juga, kondisi jembatan tersebut sudah dibahas dalam Musrenbang.

Namun hingga saat ini belum ada tanggapan. Sementara warga setiap hari melintas di jembatan itu, karena ada permukiman dan juga akses keluar masuk desa.

Apalagi jembatan tersebut berada pada jalan utama milik kabupaten yang menuju Desa Mihu ke desa lainnya.

Selain jembatan di Desa Mihu, ada dua jembatan lainnya di Kecamatan Juai yang juga pada kondisi serupa. Warga pun mengharapkan adanya perbaikan. Sehingga jembatan tersebut nyaman untuk dilewati.

Setelah monitoring secara langsung kondisi jembatan, Erly mengatakan pihaknya akan membawa permasalahan tersebut ke instansi terkait. Dalam jangka waktu cepat, Komisi III DPRD Kabupaten Balangan bakal menggelar pertemuan dengan PUPR Kabupaten Balangan perihal penanganan jembatan.

"Kami akan mendengar dulu apa yang disampaikan oleh PUPR mengenai jembatan ini. Apakah memang belum dianggarkan, atau masuk anggaran tahun 2020," ucapnya.

Secara langsung jelas Erly, Komisi III Dprd Balangan akan menjembatani warga dan PUPR Kabupaten Balangan untuk penanganan jembatan tersebut. Ia sendiri masih menunggu jawaban mengenai belum terakomodirnya perbaikan pada ketiga jembatan itu.

Ke depan ucapnya, untuk perbaikan jembatan tersebut, apabila diperlukan, maka Badan Anggaran akan memperjuangkan dana untuk perbaikan. Terlebih jembatan itu ucap Erly memang harus diperbaiki. (Isti R/Timpressroom)