Paripurna Jawaban Pemerintah Atas Pandangan Umum Fraksi DPRD Terhadap RAPERDA  Pelaksanaa APBD tahun 2016

Paripurna Jawaban Pemerintah Atas Pandangan Umum Fraksi DPRD Terhadap RAPERDA Pelaksanaa APBD tahun 2016

Paringin Selatan, 10 Juli 2017. Paripurna jawaban pemerintah atas pandangan umum fraksi dprd terhadap raperda tentang pelaksanaan Apbd tahun 2016. Rapat paripurna di pimpin oleh wakil ketua dprd dan di hadiri oleh bupati balangan, forum koordinasi daerah, anggota dprd, serta skpd di lingkup pemerintah kab.balangan.

Jawaban Pemerintah disampaikan langsung oleh BUPATI Balangan "H. Ansyaruddin"

Berikut isi nya :

YANG PERTAMA, MENGENAI PENEKANAN PADA KUALITAS PEKERJAAN INFRASTRUKTUR JALAN, AGAR TERUS DIKONTROL DAN DIMONITORING, HAL MANA DITUJUKAN AGAR INFRASTUKTUR YANG KITA BANGUN BISA LEBIH BAIK.

KAMI SANGAT SETUJU DENGAN MASUKAN TERSEBUT, DAN AKAN KAMI TINDAK LANJUTI, MESKIPUN DENGAN KETERBATASAN S.D.M YANG ADA SAAT INI. KE DEPANNYA, KAMI BERHARAP DAPAT MENAMBAH S.D.M YANG SESUAI DENGAN KUALIFIKASI YANG DIPERLUKAN, DAN KUANTITAS YANG IDEAL, AGAR PENGAWASAN PELAKSANAAN PEKERJAAN DI LAPANGAN DAPAT DILAKUKAN DENGAN MAKSIMAL.

BERIKUTNYA, TERKAIT DENGAN PEMERATAAN PEMBANGUNAN KESEHATAN, YAITU PEMBANGUNAN PUSKESDES YANG TERKESAN TIDAK DIKELOLA DENGAN BAIK SEHINGGA BANGUNAN YANG SUDAH BERDIRI MENJADI TIDAK OPTIMAL FUNGSINYA.

PADA DASARNYA, KETIKA KITA MEMBANGUN PUSKESDES, ITU KITA SUDAH SIAP DENGAN PETUGAS KESEHATAN MAUPUN S.D.M LAIN BILA MEMANG DIPERLUKAN. NAMUN DALAM PERJALANANNYA, BAIK KARENA MANAJEMEN S.D.M MAUPUN KARENA SITUASI YANG TERJADI, PETUGAS ATAU BIDAN DI PUSKESDES TERTENTU TERNYATA LEBIH DIPERLUKAN DI TEMPAT TUGAS YANG LAIN, SEHINGGA TERJADI MUTASI. FAKTOR INILAH YANG KADANG KALA MENJADI DILEMA, KARENA KEMUDIAN PUSKESDES YANG KITA BANGUN JADI TERKESAN KURANG OPTIMAL DIFUNGSIKANNYA. SEMENTARA DI BEBERAPA DESA, BIDAN ATAU TENAGA KESEHATAN SUDAH TERSEDIA TETAPI PUSKESDESNYA BELUM TERSEDIA.

SESUAI DENGAN VISI DAN PRIORITAS PEMBANGUNAN YANG KAMI TETAPKAN, YANG SALAH SATUNYA ADALAH PEMBANGUNAN BIDANG KESEHATAN, KITA AKAN SECARA BERTAHAP MEMERATAKAN JANGKAUAN DAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN KE SELURUH PELOSOK WILAYAH BALANGAN.

SELANJUTNYA, KAMI JUGA SEPAKAT DENGAN FRAKSI-FRAKSI DEWAN YANG TERHORMAT UNTUK SELALU MEMPERHATIKAN EFISIENSI DAN EFEKTIFITAS PENGGUNAAN ANGGARAN. SETIDAKNYA, OPINI W.T.P YANG KITA PEROLEH DARI B.P.K MENGINDIKASIKAN BAHWA KITA TELAH BEKERJA KERAS MEWUJUDKAN HAL TERSEBUT.

DALAM PELAKSANAAN PROGRAM DAN KEGIATAN, SALAH SATU YANG KITA GUNAKAN SEBAGAI UKURAN KEBERHASILAN ADALAH KINERJA. DENGAN BASIS KINERJA, MAKA BILA SUATU PROGRAM ATAU KEGIATAN SUDAH TEREALISASI DAN TERCAPAI DENGAN KUALITAS YANG SESUAI, MAKA BILA ADA ANGGARAN LEBIH, ANGGARAN TERSEBUT DAPAT DIALLIHKAN UNTUK KEGIATAN YANG LAIN ATAU KEGIATAN BARU YANG SEKIRANYA DIPERLUKAN UNTUK MERESPON PERKEMBANGAN SITUASI.

KAMI SETUJU BAHWA PENCAPAIAN TARGET TIDAK SEMATA-MATA DILIHAT SECARA KUANTITATIF, MELAINKAN JUGA HARUS DENGAN MEMPERHATIKAN KUALITASNYA. ARTINYA, KITA SELALU MEMILIKI STANDAR KUALITAS YANG KITA TETAPKAN UNTUK SETIAP PEKERJAAN, BAIK YANG FISIK MAUPUN NON-FISIK.