Pasca Ditabrak Truk, Portal Jembatan Paringin Jadi Perhatian DPRD Kabupaten Balangan

Pasca Ditabrak Truk, Portal Jembatan Paringin Jadi Perhatian DPRD Kabupaten Balangan

Pasca adanya insiden truk tabrak portal jembatan Paringin, Jalan A Yani, Batu Piring, Kecamatan Paringin, Kabupaten Balangan, Kalsel, Komisi III DPRD Kabupaten Balangan tinjau kondisi jembatan.

Ditemani oleh Dishub Kabupaten Balangan dan pihak Dinas PUPR Kabupaten Balangan, portal yang mengalami kerusakan pun dicek.

Selain itu, Perwakilan Komisi III DPRD Balangan, Erly Satriana mengarahkan agar Dishub Kabupaten Balangan lebih memperhatikan keamanan. Terutama memberikan rambu terhadap pengendara yang melintas.

Pihaknya juga terus melakukan monitoring terhadap rencana pembangunan jembatan tersebut. Pasalnya karena kondisi jembatan yang kini tak lagi bisa dilintasi angkutan berat, maka rencana perbaikan pun dilakukan.

"Kami sudah melakukan rapat koordinasi terkait kondisi jembatan. Tentunya lebih cepat dilaksanakan perbaikan, dapat meminimalisir insiden kecelakaan tertabrak portal," ucap Erly, Rabu (28/7/2021).

Sebagaimana diketahui, portal yang terpasang di Jembatan Paringin merupakan portal pembatas ketinggian bagi angkutan berat yang melintas. Adapun ketinggian maksimal yakni 2,5 meter.

Sudah beberapa kali insiden angkutan menabrak portal terjadi. Lantas Dishub Kabupaten Balangan pun terus berupaya melakukan tindakan pencegahan. Di antaranya memasang rambu-rambu dan memberikan pencahayaan.

"Sebagai bentuk antisipasi agar tidak ada lagi pengendara yang menabrak portal, kami telah memasang sejumlah rambu dan spotlight pada portal," ucap Kadishub Balangan, Rudy Sofyan.

Bahkan lampu sorot juga telah ditambahkan sebagai pencahayaan pada malam hari agar portal pembatas sebelum jembatan terlihat.

Rudy juga mengimbau agar para pengendara angkutan berat ikut mentaati arutan yakni melewati jalur alternatif yang disediakan.