Pemkab Balangan Ajukan Sembilan  Raperda pada Propemperda di Paripurna DPRD Balangan

Pemkab Balangan Ajukan Sembilan Raperda pada Propemperda di Paripurna DPRD Balangan

Pemerintah Kabupaten Balangan mengajukan sembilan buah Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Program Pembentukan Peraturan Daerah (Propemperda), dalam rapat paripurna DPRD Balangan, Selasa (19/4/2022).

Ketua DPRD Balangan Ahsani Fauzan menyampaikan, Rapat Paripurna dengan  agenda penyampaian sembilan Raperda Propemperda, dan  pandangan fraksi-fraksi DPRD.

"Kemudian dilanjutkan dengan tanggapan dan jawaban kepala Daerah atas pandangan umum Fraksi DPRD Balangan terhadap Raperda pada Propemperda tahun 2022,"ujarnya.

 Sementara itu, mewakili Bupati Balangan Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Balangan H Sutikno mengatakan,  ada sembilan buah Raperda pada Propemperda di usulkan kepada DPRD Balangan.

Adapun rancangan Perda yang diusulkan diantaranya tentang pengelolaan barang milik daerah, tentang pokok-pokok pengelolaan keuangan daerah.

Tentang retribusi perizinan tertentu, tentang perubahan atas peraturan daerah no 24 tahun 2016  mengenai pendirian perusahaan perseroan daerah PT. Asabaru  Daya Cipta lestari.

Juga rancangan Perda tentang perubahan badan hukum perusahaan daerah air minum, tentang  penyelenggara dan ketentraman dan ketertiban umum, tentang penyertaan modal kepada PT Bank pembangunan daerah Kalsel, tentang penyertaan modal kepada PT Asabaru Daya Cipta Lestari, serta tentang penyertaan modal kepada bank perkreditan rakyat.

"9 raperda ini hanya mencakup sebagian kecil saja dari apa yang harus kita kelola. Tapi kami tetap memerlukan dukungan dalam langkah kecil sekalipun. Mohon dewan dapat membahasnya sesuai mekanisme yang berlaku, secara mendalam,"sebutnya.

Sutikno berharap, Raperda ini bisa satu persepsi  sehingga 9 Raperda tersebut bisa menjadi bagian  untuk memperbaiki kinerja, memajukan daerah dan memberikan pelayanan yang lebih baik.