Cegah Penyakit Mulut dan Kuku, DKP3 Balangan Bersama Komisi II DPRD Balangan Lakukan Pemeriksaan Hewan Ternak

Cegah Penyakit Mulut dan Kuku, DKP3 Balangan Bersama Komisi II DPRD Balangan Lakukan Pemeriksaan Hewan Ternak

Maraknya penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada ternak seperti sapi, kambing, dan babi yang disebakan oleh virus kelompok apthovirus dari keluarga picornaviridae yang sudah menyebar pada beberapa kabupaten yang ada di Kalimantan Selatan, membuat Pemerintah Kabupaten Balangan melalui Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKP3) Bidang Perternakan mengambil langkah cepat untuk penyakit ini.

Untuk mencegah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada ternak, DKP3 Kabupaten Balangan bersama dengan tim gabungan Polres Balangan, Koramil, Anggota Dewan, dan Keswan Balangan melakukan kegiatan Biosecuriti, Selasa (17/5/2022).

Kepala DKP3 Balangan Ir Tuhalus menjelaskan, Kabupaten Balangan memang tidak terlalu banyak berimbas penyakit PMK ini namun pemerintah ingin meningkatkan baik biosecuriti maupun daya tahan tubuh ternak.

“Mudah-mudahan kita tidak terimbas pada penyakit ini, berdasarkan hasil pemeriksaan tidak ada gejala klinis terhadap penyakit PMK yang ada di Kabupaten Balangan,” ujarnya.

Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Balangan Nur Fariani yang juga mendampingi pelaksanaan pemeriksaan PMK pada hewan ternak oleh DKP3 juga menyatakan, sangat mendukung kegiatan pencegahan PMK ini dan memohon dari Pemerintah Kabupaten Balangan bisa terus memperhatikan peternak walaupun tidak terserang penyakit PMK.