Gatriwara Kabupaten Balangan Gelar Seminar Sehari Tentang Etika Dalam Pergaulan, Berbusana dan Berhias

Gatriwara Kabupaten Balangan Gelar Seminar Sehari Tentang Etika Dalam Pergaulan, Berbusana dan Berhias

Gabungan isteri Wakil rakyat ( Gatriwara) Kabupaten Balangan melaksanakan kegiatan seminar sehari dengan tema etika dalam pergaulan, berbusana dan berhias.

Seminar sehari ini berlangsung di Aula Ar Raudhah Waterpark Paringin Kabupaten Balangan pada Minggu (28/8).

Ketua Gatrriwara Balangan, Hidayah Fauzan mengatakan, seminar yang di laksana ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada para wanita, dalam keluarga.

Disampaikannya, hal itu karena peran wanita sangatlah penting. “Seorang ibu merupakan sekolah pertama bagi anak-anak, sehingga tidak tepat jika seorang wanita tidak harus memiliki pendidikan serta pengetahuan,” ujarnya.

Diterangkannya, bahkan menjadi sangat penting karena apa yang menjadi sekolah pertama anak-anak kita adalah ibunya.

Hidayah Fauzan berharap melalui kegiatan yang sangat bermamfaat ini dapat saling berbagi, bersilaturrahmi serta menyerap ilmu dan informasi yang disampaikan narasumber dan dapat mengamalkannya dalam kehidupan sehari hari.

Sementara itu nara sumber seminar sehari Tina Purnamawati menyampaikan, diantaranya dalam beretika bergaul harus memahami dan menghormati budaya lingkungan dan menghormati yang lebih tua dan tentunya menghargai yang lebih muda.

“Jangan terlalu ingin tahu urusan orang lain, buat batasan antara urusan pribadi dengan urusan organisasi,” terangnya.

Lebih lanjut Tina juga menambahkan, tetap menghargai pendapat orang lain walaupun tidak setuju, dan tetap jaga suasana, serta penuhi tugas dan tanggung jawab dan sopan dengan semua anggota.

Sementara dalam etika berbusana merupakan suatu ilmu sikap dalam berbusana baik itu tentang warna, tempat, suasana dan nilai-nilai norma-norma di masyarakat.

“Salahsatunya penutup aurat, sesuai dengan tujuan, tampak rapi, bersih, sehat dan pas ukuran, serta tidak mengganggu orang lain, dan tidak melanggar hukum negara dan agama,”paparnya.

Dalam kesempatan ini pula Tina menyampaikan, dalam beretika berhias juga penting memperhatikan, cara pemakaian tata rias yang sesuai, dan bersih, rambut tertata rapi, potongan rambut sesuai dengan profesi, wajah terlihat bersih, serta tubuh bersih dan segar.