Ketua Komisi 3 Ingin Penurunan Angka Stunting Dimasukkan Dalam Pembahasan Musrenbang

Ketua Komisi 3 Ingin Penurunan Angka Stunting Dimasukkan Dalam Pembahasan Musrenbang

Pemerintah Kabupaten Balangan menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RKPD tingkat kecamatan di ruang gedung serbaguna Desa Kupang, Kecamatan Lampihong, Rabu (18/1/2023).

Dalam musrenbang, mayoritas masyarakat mengajukan usulan terkait pembangunan infrastruktur di desanya masing-masing.

Namun, Ketua Komisi 3 DPRD Balangan dari PKS Hafiz Ansyari yang hadir dalam acara ini berharap musrenbang kali ini juga membahas masalah penurunan stunting di Kecamatan Lampihong.

 

 

“Karena dalam pantauan saat ini banyak ditemukan kasus stunting di Kecamatan Lampihong, baik itu anak balita, anak sekolah bahkan ibu hamil,” sebutnya.

 

Hafiz mengatakan, musrembang tingkat kecamatan ini merupakan wadah untuk menyampaikan beberapa usulan desa guna perkembangan program pembangunan di desa.

“Diharapkan dengan adanya musrenbang ini, aparat desa bisa melaksanakan tugas sesuai fungsi masing-masing guna suksesnya program pembangunan desa,” katanya.

Selain itu, lanjutnya, tujuan digelarnya musrenbang adalah sebagai wadah untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan desa yang menjadi kendala kemajuan desa tersebut.

Hafiz mengatakan, dana anggaran hasil usulan musrenbang nantinya akan diprioritaskan untuk pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan serta bantuan sosial.

Menurutnya, ada beberapa usulan yang dibahas dalam musrenbang. Di antaranya adalah usulan pembangunan infrastruktur Jalan Usaha Tani (JUT).

 

Lebih lanjut, Hafiz Anshari meminta pemerintah daerah bukan hanya memberikan bantuan saja akan tetapi juga ikut memantau jalannya perkembangan bantuan yang disalurkan.

“Apakah sudah benar-benar dilaksanakan sesuai anggaran yang sudah disediakan,” ujarnya.